Sabtu, 23 Maret 2013

Batik Galuh Pusat Batik di Bali

Salah satu warisan nenek moyang di Indonesia yang masih dilestarikan sampai saat ini adalah Batik dan di Bali batik yang terkenal adalah batik Galuh. Kerajinan Batik dikenal oleh dunia pertama kali, saat Bapak Presiden Soeharto menggunakannya pada Konferensi PBB.

Jika Anda berlibur ke Bali, jangan lupa berkunjung ke pusat kerajinan batik yang dikenal dengan nama Batik Galuh. Lokasinya di Br Tegehe, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Pertenunan Batik Galuh berdiri pertama kali pada tahun 1976 oleh Bapak Pande Ketut Krisna. Dibantu saudara-saudaranya, pertenunan batik ini dikerjakan dengan alat tenun bukan mesin, pada awal berdirinya sebanyak 5 buah alat tenun. Namun seiring dengan perkembangan produksi batik, kini alat tersebut sudah bertambah menjadi 32 buah.

Batik Galuh Bali – Pusat Kain Batik Untuk Oleh-Oleh Khas Bali Kualitas dari batik yang dihasilkan sangat diutamakan, sehingga dapat memenuhi selera pasar dan mendapat respon yang sangat positif dari konsumen. Batik Galuh telah mendapat ijin usaha dari Departemen Perdagangan pada tahun 1986 dan sudah terdaftar sebagai wajib pajak.

Daerah pemasaran dari Batik Galuh tidak hanya di Bali saja. Melainkan ke luar daerah dan ke mancanegara. Untuk pemasaran lokal meliputi daerah Nusa Dua dan Kuta. Ke luar kota meliputi wilayah Jakarta, Surabaya, Ujung Pandang dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Di pasar internasional juga terkenal, seperti Amerika, Eropa, Inggris, Malaysia, dan Jepang.

Hampir setiap hari, pusat kerajinan Batik Galuh ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, karena jenis kerajinan batik yang disediakan beraneka ragam. Mulai dari kemeja batik pria, kemeja wanita, sandal bermotif batik, aneka tas batik, souvenir, dan juga kerajinan dari kayu serta patung bermotif Batik Galuh. Pengunjung juga dapat berfoto-foto dengan latar belakang batik galuh.

Bagi wisatawan pecinta batik, tentunya akan puas memilih koleksi yang disediakan, serta didukung oleh para pelayan yang ramah dan professional. Areal parkir yang disediakan cukup luas dan tidak akan mengganggu lalu lintas jalan raya jika Batik Galuh ramai dikunjungi wisatawan. Tempat ini juga satu jalur dengan pusat kerajinan emas dan perak di Deca Celuk, dan pusat oleh-oleh khas Bali yaitu pasar Sukawati, Gianyar Bali.

Related Posts

Batik Galuh Pusat Batik di Bali
4/ 5
Oleh