Rabu, 20 Maret 2013

Produk di Rumah bisa Membunuh Hewan Kesayangan

Hewan peliharaan gemar mengunyah dan menelan segalanya. Anda berbalik selama satu detik dan anjing Anda memakan cokelat favorit Anda yang terletak di atas meja, atau kucing Anda mengunyah bunga bakung yang Anda pikir aman dan tak terjangkau. "Kita tidak menyadari betapa bertekadnya hewan peliharaan kita memakan benda-benda yang tidak semestinya," kata Dr Tina Wismer, DVM, direktur medis untuk Animal Poison Control Center (ASPCA). Berdasarkan lebih dari 180.000 kasus yang ditangani organisasi itu pada 2012, kebanyakan dari kasus itu melibatkan hewan peliharaan yang menelan obat manusia. "Banyak anak dengan Gangguan Hiperaktif (ADHD) tidak ingin memakan obat mereka, sehingga mereka meninggalkan pil tersebut di piring, dan hewan peliharaan bisa menjangkaunya," kata Dr Wismer. "Bahkan obat yang tidak memerlukan resep, seperti ibuprofen, bisa menjadi masalah karena banyak merek memiliki lapisan manis, jadi untuk anjing rasanya seperti permen."

Vetstreet menyusun daftar dari beberapa racun bagi hewan peliharaan yang harus Anda perhatikan. Daftar ini belum sepenuhnya lengkap dan menyeluruh, jadi untuk informasi lebih lanjut tentang hal-hal di bawah ini dan racun lainnya, rajin-rajinlah mencari informasi dan bicarakan dengan dokter hewan Anda.

Acetaminophen, yang ditemukan dalam Tylenol dan obat lainnya, bisa menyebabkan kerusakan hati pada anjing. Kucing bahkan lebih sensitif: jika kucing seberat 4,5 kilogram mengonsumsi satu tablet ukuran 325 mg, ia bisa menderita anemia dan bahkan berakibat fatal. Peringkat racun: sedang sampai parah.

Baterai bisa menjadi racun bagi anjing dan kucing, menyebabkan luka di mulut, kerongkongan, dan perut. Peringkat racun: sedang sampai berat.

Cokelat dapat menyebabkan kejang-kejang dan kematian pada anjing dan kucing. Coklat yang lebih pekat, seperti cokelat untuk pembuatan kue, lebih beracun daripada coklat susu atau putih. Bahkan biji kakao, bila dimakan dalam jumlah besar, bisa menjadi masalah. Peringkat racun: sedang sampai berat.

Deterjen dan pelembut kain dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan luka di mulut, kerongkongan, dan perut pada anjing dan kucing. Peringkat racun: ringan sampai sedang.

Etilena glikol ditemukan pada produk antibeku, mesin pendingin, dan oli kendaraan. Anjing dan kucing tertarik pada rasa manisnya, tapi sebanyak satu sendok teh pada kucing atau satu sendok makan pada anjing dapat menyebabkan gagal ginjal. Baru-baru ini, produsen antibeku dan mesin pendingin telah sepakat untuk secara sukarela menambahkan perasa pahit demi mengurangi daya tarik produk tersebut untuk hewan peliharaan dan anak-anak. Peringkat racun: parah sampai mematikan.

Pupuk bisa mengandung sejumlah zat beracun seperti nitrogen, fosfor, kalium, besi, seng, herbisida dan pestisida. Jauhkan anjing dan kucing jauh dari rumput yang sedang dalam perawatan, sampai mereka kering. Periksa juga kemasan produk karena beberapa produk mengharuskan rumput untuk dibilas sebelum bisa dilalui. Peringkat racun: ringan sampai sedang.

Anggur dan kismis, bahkan jus anggur dalam jumlah kecil bisa menyebabkan gagal ginjal pada anjing. Peringkat racun: sedang sampai berat.

Pembersih rumah tangga, seperti pemutih, pembersih saluran pipa air, amonia, dan pembersih toilet, bisa menyebabkan luka pada saluran pencernaan dan masalah lainnya pada anjing dan kucing. Peringkat racun: bervariasi.

Insektisida dalam produk pembasmi kutu bisa menyebabkan masalah jika tidak digunakan sesuai dengan petunjuk. Insektisida yang digunakan untuk anjing bisa menyebabkan keracunan yang parah pada kucing, menyebabkan tanda-tanda seperti muntah, kejang-kejang dan kesulitan bernapas. Produk yang dimaksudkan untuk merawat halaman atau rumah tidak boleh digunakan pada hewan peliharaan. Peringkat racun: ringan sampai berat.

Rumput Jimson, juga dikenal sebagai terompet iblis, bisa menyebabkan kegelisahan, mabuk dan kegagalan pernapasan pada anjing dan kucing. Peringkat racun: sedang.

Minyak tanah, bensin dan cairan spiritus bisa meneteskan air liur, mabuk dan kesulitan bernapas pada anjing dan kucing. Jika produk itu mengandung antibeku, mereka bahkan lebih bermasalah. Peringkat racun: sedang sampai berat (berpotensi mengancam kehidupan).

Bunga bakung: terutama jenis Easter, day, bakung harimau, bakung Jepang, dan bakung Asia lainnya bisa menyebabkan gagal ginjal pada kucing. Bakung dari lembah dapat menyebabkan masalah detak jantung dan kematian pada anjing dan kucing. Peringkat racun: sedang sampai berat.

Kapur barus, terutama jika mengandung naftalena, bisa menjadi racun bagi anjing dan kucing, mengakibatkan muntah, diare, meningkatkan keinginan untuk minum dan buang air kecil, serta kejang-kejang. Peringkat racun: sedang sampai berat (berpotensi mengancam kehidupan).

Obat tanpa resep, seperti ibuprofen, dapat menyebabkan luka berat dan anemia, serta gagal hati dan ginjal pada hewan peliharaan. Peringkat racun: sedang sampai berat (berpotensi mengancam kehidupan).

Bawang merah, bawang putih, daun bawang dan daun kucai bisa menjadi racun pada anjing dan kucing. Ketika dikunyah atau ditelan, bahan tersebut dapat menyebabkan anemia dan gangguan pencernaan. Peringkat racun: ringan sampai sedang. Obat menggunakan resep, seperti antidepresan dan obat ADHD dan jantung, biasanya dicerna oleh hewan peliharaan ketika pil tersebut jatuh di lantai atau tertinggal di atas meja. Bahkan dosis kecil dapat menyebabkan masalah. Peringkat racun: bervariasi. Kacang Queensland, juga dikenal sebagai kacang macadamia, bisa menimbulkan kelesuan, muntah-muntah dan kesulitan berjalan pada anjing. Peringkat racun: ringan sampai sedang.

Rodentisida, seperti racun tikus, bisa mengandung sejumlah racun berbeda, yang memiliki efek beragam pada anjing dan kucing. Bahan-bahan umumnya seperti warfarin dan coumarin, bisa menyebabkan masalah pembekuan darah dan pendarahan. Peringkat racun: ringan sampai berat. Sagu adalah salah satu dari sejumlah tanaman beracun untuk anjing dan kucing. Mengonsumsinya bisa menyebabkan muntah-muntah, diare dan kejang-kenang, serta gagal hati pada anjing. Peringkat racun: berat.

Tembakau dapat menjadi racun bagi anjing dan kucing. Mengkonsumsi nikotin dalam tanaman tembakau atau rokok dapat menyebabkan muntah, gemetar, pingsan, dan kematian. Peringkat racun: sedang sampai berat.

Adonan kue yang belum matang bisa berkembang di dalam perut. Jika perut berbelit, memotong pasokan darah, operasi darurat harus dilakukan. Ragi dalam adonan juga dapat menghasilkan alkohol, menyebabkan kejang dan kegagalan pernafasan. Peringkat racun: ringan sampai berat.

Resep dokter hewan, seperti obat arthritis (obat pegal linu), sering diberi rasa daging, yang menarik untuk anjing. Menelan sejumlah besar obat itu dapat menyebabkan sakit maag, gagal hati atau gagal ginjal. Peringkat racun: sedang sampai berat.

Cairan pembersih kaca bisa mengandung metanol atau ethylene glycol. Menelan metanol dapat menyebabkan rendahnya gula darah dan mabuk pada anjing dan kucing. Peringkat racun: ringan sampai sedang.

Xylitol adalah pemanis bebas gula yang biasa ditemukan dalam permen karet, permen pelega pernapasan, dan pasta gigi. Jika tertelan oleh anjing, dapat menyebabkan penurunan drastis yang berbahaya dalam gula darah dan gagal hati. Peringkat racun: ringan sampai berat.

Produk untuk halaman, termasuk umpan siput, herbisida dan pupuk, tidak pernah baik untuk hewan peliharaan. Tanda-tandanya akan bervariasi tergantung kandungan bahan tersebut. Peringkat racun: bervariasi.

Logam atau koin. Keracunan seng dapat terjadi ketika anjing dan kucing memakan logam atau koin. Bahkan menelan uang satu sen yang mengandung seng bisa mematikan. Seng dapat menyebabkan anemia, serta gagal hati, ginjal atau jantung. Peringkat racun: sedang sampai berat.

Cara Melindungi Hewan Peliharaan Anda Jadi bagaimana cara Anda mencegah hewan peliharaan Anda dari keracunan? Mulailah dengan belajar dan rajin mencari informasi tentang racun potensial lainnya, bagaimana cara membebaskan rumah Anda dari racun, dan apa yang harus dilakukan jika hewan peliharaan Anda menunjukkan tanda-tanda keracunan. "Untuk membebaskan racun di rumah Anda, jangan menyimpan obat di tempat yang bisa dijangkau hewan peliharaan," kata Dr Wismer. "Simpanlah produk kebersihan di balik pintu, dan letakkan obat Anda di ruangan lain, di pintu yang terkunci." Meski anjing terkenal tidak suka meminum obat mereka sendiri, Dr Wismer menambahkan, "kadang-kadang kami mengatakan bahwa cara efektif untuk memaksa anjing minum obat adalah dengan menjatuhkan satu pil di lantai." (mr/pt)

Related Posts

Produk di Rumah bisa Membunuh Hewan Kesayangan
4/ 5
Oleh