Selasa, 26 Juni 2012

Hadapi Spanyol, Portugal Janji Tampil Mati-matian

Berita Dewata, Poznan - Portugal menjadi salah satu kontestan di babak semifinal Euro 2012 yang belum pernah mencicipi gelar juara. Lawan Portugal di semifinal, Spanyol, sudah dua kali merasakannya. Sedangkan Jerman menjadi "raja" karena sudah tiga kali menjadi jawara Eropa. Adapun Italia sudah mencicipinya sekali.
Portugal bukan tidak pernah mencapai babak ini, tetapi prestasinya memang bisa terbilang selalu nyaris. Ketika bermain di negerinya sendiri pada 2004 silam, A Seleccao sudah mencapai partai puncak, tapi mereka dikalahkan tim kejutan, Yunani. Empat tahun sebelumnya mereka juga sampai ke semifinal, tapi mereka dijegal oleh Prancis yang akhirnya menjadi juara.
Kini kesempatan berada di empat besar tak mau disia-siakan oleh anak asuh Paulo Bento. »Saya tidak memiliki kemampuan untuk menebak apakah itu akan menjadi tahun Portugal atau tidak, tapi kami akan bertarung sampai mati untuk menjadikan ini tahunnya Portugal,” kata gelandang Portugal, Custodio.
Lawan mereka di semifinal, Spanyol, bukan tim sembarangan. Meskipun tidak tampil seimpresif seperti tahun-tahun sebelumnya, La Furia Roja melaju sampai ke empat besar tanpa terkalahkan. Belum lagi faktanya bahwa mereka merupakan juara bertahan.
Pertemuan terakhir keduanya di turnamen terjadi di babak 16 besar Piala Dunia 2010. Kala itu Portugal takluk 0-1 dari Spanyol yang akhirnya menjadi juara dunia. Meskipun demikian Portugal bisa optimistis lantaran mereka pernah mengalahkan Spanyol dengan skor telak 4-0 di laga persahabatan.
Kepercayaan diri Portugal bakal makin bertambah dengan ketajaman Cristiano Ronaldo yang mulai muncul dalam dua laga terakhir. Ditambah CR7 bakal bisa mengenali gaya permainan tim asuhan Vicente Del Bosque karena dia bermain di Liga Spanyol bersama Real Madrid. »Kami akan mencoba untuk memainkan permainan agresif kami, apa yang kami miliki di lini depan,” ujar Custodio.

Related Posts

Hadapi Spanyol, Portugal Janji Tampil Mati-matian
4/ 5
Oleh